Laman

Minggu, 14 November 2010

Rahasia Mendapatkan Aha! Moment

Sering ngalamin stuck sama suatu masalah?? Udah dicoba diselesein dengan berbagai macam cara, tapi kok tetep ga nemu-nemu juga ya jawabannya..?? hmmmhh.... >:(

Kayaknya kita pasti sering ngalamin kejadian itu, ya? Terlalu berlarut-larut di suatu masalah dan akhirnya nyerah karena udah penat dan tetep ngga menemukan jalan keluar.

Ternyata, ada rahasianya nih supaya kita bisa menemukan ide kreatif buat nyelesein masalah. Apa sihh ituu..???

Rahasianya adalaahh ........

... Lupain Masalahnya!! *jeng jreengggg..*
.
...Jadi begini, berdasarkan teori dari beberapa peneliti kreativitas, ada 5 tahap yang terjadi saat seseorang melakukan proses kreatif, yaitu persiapan, inkubasi, iluminasi, verifikasi dan eksploitasi.
 
Pertama-tama, tentu aja kita harus mulai dari mempelajari dengan baik masalah yang mau kita tangani, tak lupa pula membekali diri kita dengan berbagai macam skill dan equipment buat mengatasinya. Ini adalah tahap pertama, yaitu tahap persiapan. 

Kemudian, setelah kita berkutat sama si masalah ini sampe mentok,, ga tau mau ngapain lagi,, yang harus kita lakukan selanjutnya adalah...inkubasi, yaitu lupakan masalah itu dan alihkan perhatian kita sama aktivitas lain! Aktivitas lain yang cocok buat setiap orang bisa berbeda-beda. Kebanyakan sih lebih suka tidur. Bisa juga dengan bermain, ngobrol, cari kerjaan lain, atau melamun. Melamunnya bisa di taman, di depan meja belajar, di tempat tidur, ato di WC :p. Pokoknya carilah kegiatan yang me-refresh otak kita yang udah penat!
Selanjutnya, dari tahap inilah kita akan mendapatkan insight, ide, inspirasi, atau Aha! Moment buat memecahkan masalah itu. Tahap ini nih yang disebut tahap iluminasi....
 
Contohnya aja kisahnya si Archimedes, matematikawan berbangsa Yunani. Dia dapat tantangan dari Raja Hieron II di negaranya untuk menghitung volume dari mahkotanya. Nah lho,, kalau menghitung volume benda berbentuk balok, kubus ato bola masih mending.. lah ini disuruh menghitung mahkota yang bentuknya sangat amat ga karuann....
 
Archimedes yang stres dan luar biasa bingung akhirnya memutuskan buat berhenti dulu mengurusi mahkota raja. Dia pun pergi mendatangi tempat favoritnya, yaitu sebuah pemandian umum. Ketika melemparkan diri masuk ke bak mandi itulah, om Archimedes tertegun melihat banyak air yang ikut tumpah dari bak mandinya. Dari sana dia memperoleh Aha! moment-nya, bahwa volume suatu benda bisa dihitung dengan mencemplungkan benda tersebut ke wadah yang penuh berisi air, kemudian mnghitung volume air yang tumpah, karena pasti jumlahnya sama dengan volume benda yang masuk ke air tadi.

Saking senangnya karena mendapat jawaban untuk tantangan dari sang Raja,, Archimedes langsung melompat dari bak mandinya dan berlari-lari sampai ke jalanan sambil berteriak-teriak “Eureka!! Eureka!!”.
 
Hehe,, jadi sebenarnya gampang ‘kan buat ndapatin inspirasi jalan keluar dari permasalahan yang lagi kita hadapi...?

3 komentar:

  1. Assalamualaium....

    Bagus mbak blognya,,,,
    Saya Rian Piarna SE, alumni fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya.
    memohon mbak Puti Annisa Utari memberikan pengalamannya mendapatkan Beasiswa Unggulan...
    Semoga saya juga bisa mendapatkan beasiswa unggulan dengan bantuan mbak Puti...

    Terima Kasih

    arr_author09@yahoo.com
    http://arraundus.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. PinPoint Mountain Stotland Mountaineer - Titanium Arts
    › pinpoint-mars-mountaineer titanium mens wedding bands › pinpoint-mars-mountaineer See PinPoint titanium vs ceramic Mountain Stotland Mountaineer - titanium trim hair cutter reviews Titanium titanium fitness Arts titanium hammers

    BalasHapus