Laman

Senin, 13 Februari 2012

3 Keterampilan yang Bikin Bahagia

Sebuah penelitian menyarankan kita untuk secara rutin menuliskan hal-hal yang membahagiakan kita setiap hari. Katanya siih, itu efektif untuk mengurangi berat badann, hahahaa... Hm, yang jelas dengan sering mengenang hal-hal yang membahagiakan, apalagi bagi yang lagi ngga ada kerjaan, daripada malah keinget masa-masa sentimentil dan bikin mellow, lebih baik kita isi waktu dengan menulis momen-momen bahagia kita. Betuuul?

Kali ini aku mau sharing 3 keterampilan favoritku. Bukan, bukan menggambar. Kalau menggambar sih udah bakat yaa, jadi engga terlalu puas tuh waktu melihat hasil gambarku yang keren-bagus-luar biasa-huahaha- Yang mau aku sharing di sini adalah keterampilan yang kukuasai dengan penuh perjuangan.. Lebih berkesan! Do you have yours?


Pertama, adalah... menyetir! Aku pertama belajar nyetir dari om-om tempat les nyetir di dekat rumah. Selain sama orang tempat les, papa juga suka aku ajakin buat ngajarin nyetir. Dulu, setiap mau les, aku deg-degan. Takut kalau mesinnya tiba-tiba mati gara-gara kontrol gas-kopleng ngga seimbang,, karena memang sering banget kejadian begitu. Kalau lagi ada papa, pasti diomelin deh karena itu bikin mobil cepet rusak, huhuhu.... Kejadian mati mesin paling parah yang pernah kualami adalah waktu lagi di persimpangan--yak betul, persimpangan jalan itu area yang paling mengkhawatirkan bagi setiap supir pemula!-- Waktu itu aku di simpang empat di tengah-tengah salah satu pasar yang paling rame di Pekanbaru, pasar Kodim. Waktu belok 'kan sebaiknya kita bisa "nggantung gas", nah, pas deh, mati mesinnya gara-gara gas yang kutekan kurang dalam. Klakson dari depan-belakang-kanan-kiri mulai kedengeran, jalanan jadi macet akhirnya. Untung si om-om tuenaang aja, hehehe. Ditambah untung di kepala mobil ada papan "Belajar Menyetir"-nya. Jadi mobil-mobil lain engga menjadi-jadi keselnya. Hihi....

Selesai les menyetir dan dapat SIM (tembak) waktu aku umur 17 tahun, meskipun keahlian nyupirnya masih belum mulus-mulus amat.. aku justru jadi jarang bawa mobil sendiri. Apalagi kalau udah mau jalan sama mama, pasti ngga dibolehin nyupir. Tapi kalau ngga diiajak keluar rumah sama mama, aku malas latihan-latihan nyetir begitu aja. Jadinya lama ngga kesentuh lagi deh setir mobil itu.

Terus, setelah berlalu tiga tahun--iya betul, tiga tahun--tidak rajin latihan nyetir, teman-teman mengamanatkanku buat bawa mobil sendiri buat silaturahim lebaran. Setelah berbulan-bulan ngga nyetir sama sekali karena aku udah hijrah ke Bandung buat kuliah, yang jelas di sana ke mana-mana pake angkot atau jalan kaki. Aku keberatan bangeeet waktu itu. Tapi mau gimana lagi, masa mama mau dibawa-bawa buat nyetirin rombongan kita ke rumah-rumah guru dan temen-temen? Ngga mungkin kan yaa.. (walaupun sebenernya pernah sih kejadian begitu, tahun sebelumnya, hihihi). Akhirnya aku paksain diri buat nyetir deeh... Ternyataaa,,, ampuh! Karena sebelumnya sudah punya prior knowledge dan prior skill tentang menyetir, begitu lama stop nyetir dan mulai kembali menyetir, keterampilan nyetir itu datang dengan sendirinya. Waktu nyupirin mama papa, mereka sampai komentar kalau mobil yang aku supirin udah jauh lebih enak jalannya, mulus, engga goyang-goyang lagi. Hehehehe,, senaaaaangg bangettt~ Bisa nyetir itu ya, rasanya, bagaikan bisa mengontrol dunia! The world is in my hand... [bukan slogan Telkom, Red.]

Keterampilan yang kedua, adalah... main piano! Dulu, waktu SMP aku udah pernah belajar main biola selama setahun. Selagi aku milih biola, karena dulu mama pernah bilang "Ih mama pengen deh Tari nanti jadi kayak anak-anak itu", sambil menunjuk konser pelajar di TVRI era tahun 90'an itu lho, adikku, si Tika, lebih memilih piano. Ternyata, aku lama-lama merasa, main biola itu mem.bo.san.kan. Badan berdiri tegak, kepala diam, cuma tangan aja yang gerak. Mmmh~ngga aku bangeett.... (Pandangan aku tentang violist baru berubah bertahun-tahun kemudian saat lihat Bond manggung). Jadi, akhirnya baru dua tahun yang lalu aku mulai pingin belajar biola. Waktu itu piano di rumah nganggur. Tika yang biasa mainin udah kuliah di Bandung. Papa paling cuma mainin tiap lagi free atau pas mati lampu (iya, mati lampu itu momen kita sekeluarga konser. Papa mainin piano sambil nyanyi bareng aku dan mama, hehe). Terus aku udah lulus kuliah dan balik tinggal di rumah. Jadi deh karena kasian piano nganggur, akhirnya aku belajar main piano sama bu Eva, tetangga kita yang juga sehari-hari jadi guru les piano.

Lagi asyik-asyiknya belajar piano, aku kembali lagi ke Bandung, mau daftar kuliah. Sambil ngisi waktu belum ada kerjaan, aku coba daftar les piano di salah satu tempat les musik di Tubagus sana. Cuma sebentar, mungkin cuma sebulan, tapi aku bisa melatih lagi jari-jari ini biar ngga kaku. Aku juga belajar main piano yang genre-nya lebih ngepop, dibandingkan sebelumnya yang dominan klasik. Asik! Lebih asik malah, karena keterampilan main pianoku jadi lebih aplikatif, bisa dipakai buat mainin lagu-lagu yang populer. Setelah itu baru aku mulai bisa nyoba-nyoba mainin partitur-partitur baru, dan sukses! Nah sekarang, kalau pas pulang dan mati lampu (lagi), formasi konser kita udah berubah, aku main piano, papa ngegitar, dan mama soloisnya. Hehehe,,,

Keterampilan ketiga, yang baru-baru ini aku rasakan seneeengnya bisa nguasain itu adalaah... berenang! Pertama banget belajar renang sama om Rahman binaragawan, di Banjarmasin. Waktu itu aku dan kak Utom, my big bro, masih SD. Kami datangin kolam renang di sana dan ketemu guru renang. Langsung deh mama minta si om ngajarin kami berdua. Yang paling aku sukain dulu adalah berenang pakai papan pelampung. Asik, meskipun belum bisa banget berenangnya, tapi dengan papan pelampung itu aku bisa berenang jauuuh tanpa takut. Selain itu juga kita suka diadu lomba bareng anak-anak lain, siapa yang bisa tahan nafas paling lama di dalam air, sama siapa yang berenangnya paling cepat. Seruuu! Akhirnya aku bisa nguasain satu gaya kombinasi, tangannya pakai gaya katak, kakinya pakai gaya bebas. Hehehe,, materi terakhir itu mempelajari gaya katak (setelah gaya bebas sedikit-sedikit udah bisa kukuasai). Tapii ngga selesai, udah lupa juga kenapa ngga sampai selesai.

Nah, baru-baru ini aku kembali merutinkan berenang setelah 7 tahun lebih engga berenang lagi (kecuali kalau lagi outbond dan ikut arung jeram yang mengharuskan nyebur ke sungai, itu pun cuma 3-4 kali). Untungnya di Depok sekarang banyak fasilitas berenang buat muslimah. Ditambah lagi, kolamnya dekat dan ada teman yang bisa nemenin. Udah deh, jadi dirutinin berenangnya sejak tiga bulan lalu. Setelah lama ngga nyentuh air lagi, memang butuh adaptasi, khususnya membiasakan paru-paru berada di bawah permukaan air. Setelah sebulan berenang secara rutin, aku mulai merasa akraab banget sama air :D. Sekarang, juga udah berani nyoba-nyobain gaya-gaya renang yang dulu belum bisa kukuasain sepenuhnya, dan udah mulai berhasil! Berenang sekarang jadi lebih terasa asyiknya, serunya, pokoknya... bahagiaaa ^___^

Itulah 3 keterampilan favoritku yang bikin bahagia dan bangga waktu bisa nguasain. Ketiga-tiganya aku pelajari dari orang yang memang menguasai dan bisa mengajarkan. Umumnya orang yang bisa menguasai suatu keterampilan karena bakatnya, akan mengalami kesulitan waktu diminta mengajarkannya ke orang lain, karena dia kesulitan memahami step-stepnya. Sebaliknya, orang yang ahli mengajarkan keterampilannya ke orang lain menurutku adalah orang yang memang belajar dari nol. Jadi, berbakat belum tentu lebih baik dari pada ngga berbakat. Yang terpenting adalah apakah dengan ketidakberbakatan kita, kita punya motivasi kuat untuk menguasai sebuah keterampilan. 

Jadi, apa keterampilanmu yang bikin kamu bahagia?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar