Laman

Kamis, 11 Oktober 2012

Lagu Masa Kecil

King king king kelingking coba patahkan si jari tengah
Aku tidak mau, kalau memang dia tidak salah
Kata jari telunjuk, jari tengah yang paling tinggi
Kata jari manis, jangan bermain hakim sendiri
Betul itu betul, jari tengah saudaramu juga
Pesan ibu jari, jangan melawan saudara tua
Kita bulatkan tekad, lima jari harus sepakat
Barang-barang yang berat, dengan mudah dapat kita angkat

Ada yang masih ingat dengan lagu ini? Ini lagu yang sering kudengar waktu kecil, waktu zamannya lagu-lagu Susan & Kak Ria Enes booming. Tapi sayang aku ngga ingat sama sekali siapa penyanyinya....
Pesan yang disampaikan dalam lagu ini sangat bagus. Menurutku, intinya adalah persatuan. Bahwa ada tata krama dalam menjalin hubungan sosial, yaitu menghormati orang yang lebih tua. Selain itu, kita juga diajarkan untuk menghindari perpecahan. Selisih pendapat pasti akan selalu ada, tapi jangan sampai perbedaan pendapat membuat kita bertengkar sampai memutuskan hubungan persaudaraan atau pertemanan dengan orang lain. Dalam situasi seperti apapun, kita harus selalu berupaya untuk menjaga kekompakan, dan persatuan. 
Buat anak-anak kecil, lagu ini menyampaikan pesan tersirat kalau dalam berteman itu harus pakai 'otak'. Maksudnya, kepala dingin, jangan gampang diadu domba untuk musuhin si ini atau si itu. 'Kan kita semua bersaudara. 
Sayangnya yang kulihat, anak-anak zaman sekarang umumnya tidak lagi tumbuh dengan diiringi lagu-lagu yang penuh nasehat seperti ini. Padahal masa kecil itu adalah masa pembentukan diri yang akan menentukan bagaimana kepribadian anak saat dia dewasa kelak. Makanya lagu-lagu dan isi cerita buku favorit kita masa kecil tidak jarang masih gampang kita ingat, 'kan? Karena secara tidak sadar sifat dan perilaku kita sangat dipengaruhi dengan apa yang sering kita lihat dan kita dengar di waktu kecil. Nah, mungkinkah ini yang jadi salah satu faktor dari meningkatnya jumlah kekerasan antarremaja dan tawuran belakangan ini? ... bisa jadi.

3 komentar:

  1. Mungkin persoalan tawuran pelajar bisa dijelaskan dengan permodelan Granovetter. Ada di salah satu file yang kukasih ke Puti.

    BalasHapus
  2. Puti jago bikin lagu?, gimana klo lagu-lagu anaknya dibuat terus upload ke youtube, fb, twitter, atau apapun, anggap aja kampanye lagu anak yang bermakna. Satu gerakan kecil siapa tahu bisa menginspirasi banyak orang tua dan anak-anak untuk memilih lagu yang sesuai dengan usianya, lagu yang sederhana tapi sarat makna. Efek lebih jauhnya, semoga bisa menggugah pelaku musik untuk membuat lagu-lagu anak yang lebih berbobot.

    BalasHapus